7/09/2012
0
Memiliki buah hati adalah tujuan utama dalam berumah tangga. Siapa yang tidak ingin memiliki buah hati, apakah anda salah satunya??, tentu tidak kan.., ya, dengan lahirnya si kecil ke dunia ini, itulah tujuan hidup kita yang sesungguhnya, kebahagian kita rasnya sudah lengkap dengan hadirnya si kecil di kehidupan kita. Kita tidak bisa menyepelekan hal ini, kehadiran seorang bayi dalam hidup kita adalah suatu anugrah dan rizki yang paling besar yang diberikan oleh Tuhan kepada kita.

Akan tetapi
dengan hadirnya si kecil di sebelah kita, itu juga merupakan suatu amanat dan tanggungjawab yang diberikan oleh Tuhan kepada kita agar kita lebih bisa bersyukur dan lebih mendekatkan diri kita kepadaNYA. Bayi adalah sebuah amanah untuk kita dimana sebenarnya itu adalah suatu titipan dari yang maha kuasa yang harus kita jaga dan besarkan dengan baik sehingga pada saat besar nanti akan berguna bagi agama dan negara.

Untuk itu pada artikel kali ini saya akan share beberapa hal penting yang berhubungan dengan perkembangan bayi dari lahir hingga beberapa tahun kedepannya, semoga tips ini bisa bermanfaat terutama untuk para orang tua baru yang membutuhkan bimbingan dalam mengasuh si buah hati :), ok langsung saja.

Pada Minggu Pertama (Newborn)
Bayi yang baru lahir akan langsung beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya setelah berada di rahim ibu yang nyaman dan hangat selama kurang lebih 9 bulan sebelum akhirnya dilahirkan. Tahap ini merupakan tahap dimana si bayi tersebut sedang berusaha membiasakan diri dengan ibunya, dengan kata lain tahap perkenalan antara ibu dan bayinya. Hal ini jelas akan membuat sang ibu sibuk di minggu pertama, akan tetapi kesibukan itu tidak akan terasa melelahkan karena tertutup oleh kebahagian si ibu tersebut yang sudah menjadi ibu dan mengasuh bayinya.

Manfaat Pemberian ASI eksklusif pada bayi baru lahir



Tahukan anda makanan terbaik pertama kali pada bayi baru lahir, ya jawabannya adalah ASI, asi memang merupakan makanan alami bayi yang wajib diberikan apalagi pada saat bayi tersebut baru di lahirkan. Sangat disarankan untuk memeberikan ASI eksklusif pada bayi selama 6 bulan pertama karena ASI banyak mengandung nutrisi yang wajib diserap oleh bayi. Apa saja nutrisi nya, simak dibawah ini.

1. Kolostrum (ASI yang keluar pertama kali). zat ini menyebabkan warna ASI pertama kali berbawrna agak kekuningan, tapi jangan khawatir karena itu adalah antibodi atau zat kekebalan tubuh yang akan melindungi bayi dari infeksi dan penyakit.

2. ASI yang diberikan pada bayi akan menyebabkan bayi tersebut memiliki respon kekebalan tubuh yang sangat baik untuk vaksinasi.

3. Tidak seperti susu kaleng, ASI selalu dalam kondisi suhu yang tepat dan sangat mudah dicerna.

4. Dengan menyusui maka dapat merangsang struktur rahang pada bayi dan juga wajahnya, pertumbuhan gigi akan menjadi tegak dan merangsang fungsi penglihatan secara cepat.

5. Pemberian ASI bada bayi akan menumbuhkan ikatan batin yang sangat kuat antara bayi dan ibunya, disamping itu bayi juga akan merasa nyaman dan tenang dalam pelukan sang ibu.

6. Sangat membantu perkembangan mental, emosional dan spiritual pada bayi apabila bayi selalu diberikan ASI, ini akan terlihat berbeda dengan bayi yang tidak mendapatkan ASI dar ibunya. Biasanya terjadi pada bayi yang diadopsi sejak lahir.

7. Menyusui juga sangat menyehatkan bagi ibu, dengan menyusui bayinya maka seorang ibu kakan sangat mengurangi resiko timbulnya beberapa masalah kesehatan secara signifikan. Antara lain adalah :
- Mengurangi resiko kanker payudara.
- Mengurangi risiko ovarium dan kanker rahim.
- Mengurangi resiko osteoporosis.
- Menjadikan program KB alami, ini dikarenakan ibu menjadi tidak subur selama beberapa waktu selama menyusui (menunda ovulasi).
- Membatu mengembalikan berat badan yang ideal.
- Efisien karena tidak memerlukan biaya.
- Menjadikan ibu tidak emosional, lebih sabar dan bahagia.

0 comment:

Post a Comment